logo mediaplannerid

Edit Video Landscape Jadi Portrait di CapCut

Cara edit video landscape (mendatar) jadi portrait (berdiri) tidak pecah di CapCut.

Langkah-langkah yang Anda baca pada halaman ini bersifat teknis, sesuai dengan pengalaman empiris kami ketika meliput kegiatan Menteri LHK pada acara Penanaman Serentak Seluruh Indonesia tahun 2023, di Bogor – Jawa Barat.

Rekam video dengan layout horizontal.

Hal yang mendasar, device utama yang digunakan untuk merekam video adalah iPhone 15 Pro Max. Dengan posisi handphone landscape (mendatar) saat recording, akan menghasilkan resolusi video dengan lebar 3840 px * tinggi 2160 px.

Rekam Video

Berdasar teori rule of thirds, pastikan objek berada pada posisi tengah ketika Anda mulai merekam video. Sebab, nantinya area sisi kiri dan kanan akan di-crop atau tidak dipakai.

Objek berada di tengah kotak rule of thirds.

Pindahkan Video dari iPhone ke iPad

Setelah disortir, pindahkan stock-shoot video dari iPhone ke iPad. Kami menggunakan iPad 9th Generation. Selanjutnya lakukan proses editing di iPad menggunakan software CapCut.

Proses editing akan semakin nyaman jika Anda mengerjakan dengan bantuan Apple Pencil.

Tahukah Anda? iPad 9th Generation merupakan salah satu produk Apple yang mendukung kampanye karbon netral. Apple melakukan inovasi material, menggunakan listrik yang ramah lingkungan, dan melakukan pengiriman produk yang rendah karbon. Perusahaan Apple berkomitmen pada tahun 2030 akan menggunakan 100% bahan daur ulang dan terbarukan pada seluruh produk dan kemasan-nya, semuanya dengan energi bersih dan tanpa jejak karbon. Lebih jauh dari itu, bahkan Apple sudah netral karbon diseluruh operasional perusahaan.

Mulai Editing Video di CapCut

Sebelum mulai editing, rekam video asal/random menggunakan iPad dengan posisi portrait (berdiri) berdurasi singkat, cukup 5 detik, yang menghasilkan resolusi video lebar 1080 px * tinggi 1920 px. Layout video ini yang nantinya akan dijadikan ukuran dasar dalam memulai editing project pada CapCut.

Setelah itu, buka CapCut pada iPad kemudian tap New Project“. Kemudian pilih random video tadi sebagai “pancingan” ukuran project, tap Add“. Setelah random video masuk kedalam timeline capcut, swipe hingga akhir, pastikan scene animasi logo CapCut dihapus.

Tap tanda plus pada sisi kanan timeline untuk mulai memasukkan stock shoot yang direkam menggunakan iPhone 15 Pro Max, yang sebelumnya sudah selesai di-transfer dari iPhone ke iPad.

Setelah video landscape yang direkam menghgunakan iPhone 15 Pro Max masuk kedalam timeline CapCut, tap dan drag video tersebut hingga memenuhi project area yang berdimensi portrait. Pastikan posisi/alignment video berada pada tengah/center.

Proses cropping ini, tidak akan mengurangi kualitas video. Sebab video utama berdimensi lebar 3840 px * tinggi 2160 px, sementara project itu sendiri berdimensi portrait dengan lebar 1080 px * tinggi 1920 px. Dengan kalkuasi sebagai berikut: Lebar 3840 : 3 (angka tiga diperoleh dari jumlah kolom pada konsep rule of thirds) = 1280, aman.

Dengan metode seperti ini, Anda tidak perlu melakukan proses penyuntingan menggunakan laptop untuk edit video landscape (horizontal) jadi portrait (vertical) portrait di CapCut dengan diemensi ukuran lebar 1080 px * tinggi 1920 px.

Selain itu, proses editing akan jauh lebih cepat selesai sebab di CapCut banyak sekali efek, transisi, jenis subtitle yang dapat Anda gunakan. Tidak seperti di After Effects di mana Anda harus melakukan semuanya secara manual berdasar keyframe demi keyframe.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. (AFN/ADTY)

Mediaplanner.ID

Mediaplanner.ID

Content Creation Provokers

konten terkait